INPUT OUTPUT
SISTEM KOMPUTER
Sistem komputer (computer system), terdiri dari
perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras dan
perangkat lunak harus bekerja bersama-sama membentuk suatu sistem, yaitu sistem
komputer. Perangkat keras (H/W), sebagai sub sistem komputer juga mempunyai
komponen, yaitu:
1. Komponen
alat masukan (input device)
2. Komponen alat pemroses (processing device)
3. komponen alat keluaran (output device)
4. Komponen alat simpanan luar (storage)
2. Komponen alat pemroses (processing device)
3. komponen alat keluaran (output device)
4. Komponen alat simpanan luar (storage)
Di dalam bidang komputer, Unit Input/Output atau sering
juga disingkat (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor komunikasi
antarasistem pengolahan informasi (seperti komputer) yang
digunakan untuk berhubungan dengan dunia luar, yang memungkinkan
manusia atau sistem lainpengolahan informasi.
Asal katanya “to compute” komputer berarti alat
penghitung. Ternyata sekarang komputer tak hanya berguna sebagai alat hitung
saja tetapi fungsinya sudah mengalami perluasan seiring dengan meningkatnya
kebutuhan kerja akan komputer. Secara sederhana Arsitektur sebuah komputer
terdiri dari:
1.
|
Input device
|
2.
|
Output device
|
3.
|
I/O ports
|
4.
|
Central processing unit (CPU)
|
5.
|
Memori
|
6.
|
Data bus
|
7.
|
Addres bus
|
8.
|
Control bus
|
Input unit
adalah suatu jenis perangkat yang berfungsi
untuk menerima data dariluar, lalu mengendalikan sinyal (data) yang masuk
ke dalam suatu unit prosesor untuk diolah sedemikian rupa
hingga menghasilkan informasi yang dibutuhkan.Singkat kata,
input unit adalah media bagi data dari luar untuk memasuki komputer.
Output unit
peralatan yang kita gunakan untuk melihat hasil
pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer.
Output memiliki fungsi mengkomunikasikan data yang telah diproses
oleh komputer ke dunia luar, dalam berbagai wujud.
Beberapa Contoh serta penjelasan Peralatan Input, sbb :
Keyboard
Keyboard digunakan untuk memberikan masukan (input) ke
dalam komputer, dimana masukan (input) tersebut dapat berupa data atau perintah
yang dimasukkan dengan cara mengetikkannya langsung pada keyboard.
Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan
mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat dan dipatenkan oleh Christopher
Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan
Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch
card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946
komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader)
sebagai alat input dan output.
Mouse
Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan
sebutan “Mouse” dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola
kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil
yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di
dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan
mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan
satu lagi vertikal (atas dan bawah).
Scanner
Scanner digunakan untuk melakukan proses scanning dari
suatu gambar, dimana hasil dari proses ini akan disimpan pada komputer sehingga
dapat diolah lebih lanjut sesuai dengan keinginan kita. Scanner ini sangat
berguna dalam proses design yang memerlukan banyak gambar untuk kemudian diolah
sesuai dengan kepentingan design.
Kamera digital
Kamera digital adalah peranti yang menangkap gambar
secara elektronis, dan menyimpannya dalam memori bukan di atas film.
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada
laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini
dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit
masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Touch Pad Track Ball Pointing Stick
Touch Pad Track Ball Pointing Stick
Light pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan
untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen
memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian
direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik
setiap baris per detik.
Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games)
komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya
berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan
tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Gambar Joy Stick dan Paddle Games
Gambar Joy Stick dan Paddle Games
Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device).
Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket
atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya
dengan barcode.
Gambar Barcode Reader
Gambar Barcode
Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau
memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk
mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat
berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan
mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk
menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
Gambar
headphone
Beberapa contoh serta penjelasan Perlengkapan Output,sbb :
·
Hard-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk
mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau
film. Merupakan alat keluaran yg digunakan untuk mencetak tulisan, grafik
atau gambar pada media pencetak. Alat hard copy device yang umum dipergunakan
adalah printer. Jenis-jenis printer meliputi dot matrix, inkjet printer dan
laser. Selain itu juga dikenal Plotter, alat cetak yang mempunyai kemampuan
mencetak grafik atau gambar dengan baik, biasanya menggunakan pen plotter.
·
Soft-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk
menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Contoh :
o
Printer : Output device yang berfungsi mencetak data
(Dokumen, Picture, web page dll)
o
Monitor : Output device yang berfungsi menampilkan
data-data dari CPU.
o
Projector : Sama halnya monitor, projector berfungsi
menampilkan data-data dari CPU, badanya adalah ukuran keluaran projector jauh
lebih besar dari monitor.
o
Speaker : Alat keluaran untuk device yang berupa
suara.
o
Alat keluaran juga dapat berbentuk:• Alat Simpanan
LuarMain memory di dalam alat pemroses merupakan simpanan yg kapasitasnya tidak
begitu besar dan umumnya bersifat Volatile (Volatile : informasi yg
dikandungnya akan hilang bila aliran listrik terputus).Selain itu terdapat juga
Direct Access Storage Device (DASD) (Merupakan alat penyimpan pengaksesan
langsung), contohnya floppy disk, harddisk, dan removable disk.
DIAGRAM BLOK
ALUR KERJA KOMPUTER
Referensi :
Komentar
Posting Komentar